Gelombang : 20
Hari, tanggal : Rabu, 15 September 2021
Waktu : 19.00 s.d. selesai
Moderator : Aam Nurhasanah
Narasumber : Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M.,
CTMP.
Tema : Blog sebagai Media
Pembelajaran
“Assalamualaikum. Good morning, semangat pagi. Semoga kita
senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat. Perkenalan dulu ya. Nama Dwi Pratiwi,
Biasa dipanggil Ms. Dwi mengajar bahasa
Inggris di kelas ini. Untuk lebih mengenal dapat dilihat di link yang Ms kirim. Selamat
datang dan selamat belajar di kampus tercinta. Materi pelajaran pertama kita hari
ini adalah perkenalan.
https://english12sman4sukabumi.blogspot.com/2021/07/perkenalan.html
Tujuan pembelajaran kita adalah melalui kegiatan observasi dan
diskusi peserta didik dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks ungkapan jati diri, dan dapat
meminta informasi terkait jati diri serta terampil menyusun ungkpan jati diri
dengan benar.
Silakan buka link nya ya.... Bila ada pertanyaan silakan tanyakan
di grup WA kelas masing-masing.https://dwipratiwi33smkn4sukabumi.blogspot.com/2021/08/chapter-1.html
Semangat!”
Saya menulis pengumuman tersebut di WAG kelas dan Google Classroom beberapa saat sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
Wah, ternyata pengalaman ini senada dengan
materi belajar hari ini. Mesti disimak baik-baik agar dapat mengoptimalkan blog
yang sudah dimulai.
Ya. Bu Aam Nurhasanah sudah membuka
kegiatan dan mempersilakan Bu Mayor untuk menyampaikan materinya.
O, iya. Berikut biodata narasumber hari
ini.
Bila dari CV singkatnya saja sudah tampak
energik, terbayang aktifitas –aktifitas yang dilakukannya. Super.
Topik malam ini adalah Blog Sebagai Sarana
Pembelajaran. Berikut poin-poin yang disampaikan Bu Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M., CTMP. yang akrab dipanggil Bu Mayor Nani.
💡 Menulis
di blog seperti kita menulis dibuku catatan kita.
Berbeda
namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri
maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat
berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan
dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.
💡 Saat
ini blog bukanlah sesuatu yang baru
Hampir
setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para
penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide,
pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya.
💡 Bagi
saya blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik
Masa lampau
dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali
menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih
mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh untuk mengingatnya.
Maka saya menyarankan jika bapak ibu melihat kejadian yang menarik perhatian,
maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan
laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-poin
singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.
💡 Luangkan
waktu untuk menulis
Walau hanya
penjelasan satu poin saja. Kemudian di kesempatan berikutnya menulis 1 (satu)
poin lagi . Dalam perjalanan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan
bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang
terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah
dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.
💡 Blog
dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing.
Bagaimana
menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf
yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di
dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau
media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus.
💡 Blog
dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.
Bagi
guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan
menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi
ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop.
Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan
hilangnya materi ajaran.
Ketika
mengajar, blog digunakan untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya
meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group, dan memberi
tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Tidak
dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan
banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.
💡 Blog
adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak
akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika
lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog
bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih
materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan
dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di
blog.
💡 Blog
pembelajaran dipraktekkan ketika pembelajaran via daring, selama pandemi ini
💡 Jika
di kelas sebenarnya dapat dipraktekkan karena dapat menjadi mix method dalam
mengajar.
💡 Melatih
writing skill
Dalam bahasa
Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis
masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level
bahasa Inggris elementary, saya biasanya memberikan topik umum dan memberikan
contoh cara mendeskripsikan topik tersebut. Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti
isi dari reading. Kemudian
menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri.
💡 Bagi
yang benar-benar level beginer saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa
Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan),
baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa
Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan
kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.
💡 Untuk
siswa SD atau SMP mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau
kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. Jika
perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang
dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus
untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.
💡 Ibu
Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via
daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara
membuat blog dengan etika bersosial media.
💡 Guru
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan
reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call.
Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk
mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk
meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau
orang lain.
·
Jika
bapak ibu setiap saat menulis materi mengajarnya di blog, selama 1 bulan akan
memiliki kumpulan materi yang kemudian dapat dibukukan. Maka jadilah sebuah
buku pelajaran karya pribadi dengan tidak lupa mencantumkan referensinya
Baik, yang terakhir: Media yang sulit perlu
dipelajari dan ditaklukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan
manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat
mencoba dan have fun dengan blog.
Sukabumi, 15 September 2021
Dwi Pratiwi
Ketika membaca Goresan Di Malam Tahun Baru karya Mayor Nani, membuat perasaan jadi
BalasHapusikut terhanyut Mom
Masih konsisten...kereen,lenkap dan enak diikuti👍👍
BalasHapusBUNDA KREN. RAPIH SINGKAT PADAT JELAS. MANTAP
BalasHapusibuku... tulisannya selalu menawan hati...
BalasHapus